Kia New Pride Hatchback

Kia New Pride. Penyegaran mobil menjadi sebuah keharusan perusahaan pabrikan saat mobil itu dianggap memiliki pangsa pasar yang sedang bagus atau bisa jadi mencuri perhatian para target konsumen dengan desain dan fitur-fitur baru yang lebih segar. Hal inilah yang tampaknya dilakukan oleh Kia dengan mobil Kia Pridenya. Beberapa perbaikan dan penambahan fitur atau elemen baru dihadirakan KIA di New Pride.

Jika ditilik secara tampilan, Kia New Pride tidak jauh berbeda dengan Kia Pride. Bedanya adalah penggunaan front grille yang mengusung tema tiger nose. Ditambah lagi dengan sepasang fog lamp sporty serta head lampnya yang menggunakan jesin black bezel. Bumper barunya juga dinamis nan atraktif. Dibagian spion terdapat lampu LED sebagai lampu sein tambahan yang menarik. Garis bodi mengisi bagian samping memberikan kesan dinamis. Lalu knalpot sporty serta penggunaan velg baru juga cukup eye catching bagi siapa yang memandangnya.

Berbeda dengan perubahan di bagian dalam. Tidak ada perubahan signifikan yang Kia New Pride. Hanya saja suasananya dirancang lebih cerah dan segar. Seperti penempatan duo tone color pada sisi dasbor menjadikan New Pride terasa stylish dan cocok dengan selera muda. Selanjutnya head unit terletak ditengah dan diapit dua ventilasi AC dengan sebuah audio system dan pengatur AC dibagian bawah (depan tuas perseneling). Meter Cluster hanya diisi 2 lingkaran berisi Speedometer dan Takometer serta beberapa lampu indikator lain. Audio Playernya juga cukup mumpuni yang mampu memutar CD / MP3 baik dair USB atau iPod connect. Desain kabin New Pride dirancang kedap suara dan membuat suara musik terdengar jernih dan tanpa noise. Ruang kaki dan kepala jadi lebih lega dan nyaman.

Masalah mesin, Kia masih mempercayakan dengan racikan lama yaitu mesin 1.4L , 16 valve, DOHC serta CVVT. Mesin ini menghasilan tenaga 94 PS di 6.000 rpm dan torsinya mencapai 12, 7 kg/m pada putaran 4.700 rpm. Nafas antara gearnya, terutama di gear 2 dan 4 lebih panjang karena rasionya diperpanjang. Buktinya gear 2 mampu digeber hingga 70 km/jam. Kecepatan paling tinggi sekitar 160 km/jam dan itu belum top speednya. Sayangnya, suspensi yang diset cukup keras akan mengorbankan penumpang saat melewati jalanan tak rata. Efisiensi bensinnya hingga 15 km/liter.