Nyetir Mobil di Jalan Yang Menanjak

Untuk pemula yang masih dalam tahap belajar mengendarai mobil tentu mereka banyak menemukan kendala dan kekhawatiran terutama ketika menemukan jalan yang menanjak, apalagi situasi jalanan pada saat itu tengah macet. Jika menemukan hal seperti ini yang di perlukan adalah konsentrasi yang tinggi supaya mobil tak mundur atau menabrak mobil lain yang ada di depannya. Nah, agar hal semacam itu tak terjadi berikut saya bagikan tipsnya.

Langkah pertama yang harus di lakukan yaitu dengan menyesuaikan gigi perseneling dengan tanjakan yang akan dilalui. Untuk tanjakan yang biasa dan tak terlalu curam cukup gunakan perseneling 2 atau 3, namun jika tanjakan memang sangat curam bisa menggunakan perseneling 1.

Teknik pertama, stop kendaraan dengan memakai rem tangan, rem tangan biasanya digunakan untuk stop dengan waktu yang cukup lama dan menemukan tanjakan yang cukup tinggi, adapun carannya yaitu dengan menarik tuas rem tangan dan selanjutnya pindahkan perseneling gigi keposisi netral, jika situasi sudah memungkinkan untuk jalan kembali selanjutnya tinggal pindahkan perseneling kedepan yaitu ke gigi satu, lalu tekan pedal gas, dan lepas kopling dengan perlahan sampai mobil bergerak maju selanjutnya jangan lupa turunkan rem tangan secara perlahan.

Kita juga bisa stop kendaraan menggunakan rem kaki, rem kaki umumnya digunakan untuk berhenti dengan waktu yang sebentar, ini sangat efektif digunakan pada saat menemukan tanjakan yang tidak terlalu tinggi, untuk caranya dengan menginjak pedal kopling dan juga menginjak pedal rem kaki untuk menghentikan mobil. Apabila ingin berjalan angkat pedal kopling dengan perlahan sampai mobil terasa bergetar, kemudian injak pedal gas sampai mobil berjalan normal.

Adapun cara lain yaitu stop dengan setengah kopling cara ini biasa digunakan untuk situasi darurat yang mengharuskan kita berhenti mendadak pada saat kita melalui tanjakan yang tinggi. Dilakukan dengan tujuan menghentikan laju mobil dengan cara menekan pedal kopling lalu menahan pedal gas sampai mobil tak bergerak lagi. Dan apabila ingin berjalan kembali, lepaskan kopling dengan perlahan sembari menekan pedal gas.

Semoga bermanfaat bagi Anda sekalian

https://bit.ly/1BITfTf