Tanjung Lesung Banten

Jika anda mendengar kata lesung, apa yang terlintas dipikiran anda? Apakah seorang gadis berkulit kuning langsat sedang tersenyum dengan cekungan manis menghiasi pipinya? Lalu bagaimana jika anda kami ajak ke Tanjung Lesung, apakah jawaban diatas masih berlaku. Inilah sebuah tanjung yang dikelola secara apik oleh pihak swasta dan dijadikan salah satu tempat wisata eksklusif di daerah Banten. Bahkan, pengelola optimis bahwa pesona Tanjung Lesung bisa menggeser Bali dari daftar tempat wisata terfavorit di Indonesia. Secantik apa sih?

Tanjung Lesung sendiri sebenarnya merupakan pantai yang ada di kawasan Anyer. Pantai Tanjung Lesung terletak di barat Padeglang, Banten. Jarak tempuh jika anda bertolak dari Jakarta sekitar 4 – 5 jam saja. Anda bisa memilih satu diantara 2 rute yang disediakan. Rute pertama adalah Tol Jakarta Merak – keluar Tol Serang Timur – Serang – Tanjung Lesung. Sedang yang kedua melewati rute Tol Jakarta Merak – Keluar Tol Cilegon – Anyer – Labuan – Tanjung Lesung. Rute pertama memakan waktu 2 jam sementara rute kedua 2,5 jam. Mengapa dinamakan Tanjung Lesung? Ternyata karena bentuk pantia yang menjorok ke laut dan membentuk seperti alat penumbuk padi yang disebut lesung. Jadi, imajinasi kami dan anda di awal sama-sama salah. Hehehe.

Sesampainya di Tanjung Lesung anda akan dipukau dengan pemandangan pantai berpasir putih bersih. Pandang rumput hijau denngan pohon kelapa dan laut berwarna biru laut yang begolak dinamis dengan ombaknya pasti akan membuat anda terpesona. Karena merupakan kawasan wisata yang dikelola, tentu fasilitasnya cukup lengkap. Wahana wisata yang bisa anda nikmati di pantai Tanjung Lesung ini ada beragam. Mulai dari adu cepat dengan menyewa jet ski atau bergoyang bersama sahabat diatas perahu banana boat yang melaju membelah ombak. Bagi anda yang hobi menyelam, terdapat persewaan selam dan paket menyelam yang menarik. Sedang bagi para mancing-mania Tanjung Lesung memiliki titik-titik pemancingan yang tak hanya indah namun juga cukup menantang untuk tempat memancing.

Selain itu anda juga bisa mengenal lebih dekat kehidupan nelayan di desa nelayan Cipanon. Disana anda bisa lihat kehidupan masyarakat nelayan bahkan bisa membeli langsung ikan segar hasil tangkapan para nelayan. Beberapa rumah makan siap membantu anda mengolah ikan-ikan pilihan anda dengan tarif yang terjangkau. Jika anda kurang puas hanya sehari saja, terdapat beragam resort atau hostel dengan tarif yang beragam. Cukup anda sesuaikan dengan budget liburan anda. Selamat berlibur.